Jumat, 09 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

LARUTAN PENYANGGA
dengan pembelajaran inquiry

Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XI / II
Standar Kompetensi   : 4.  Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya.
Kompetensi dasar      4.3  Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga          dalam tubuh makhluk hidup
I.  Indikator: 
o Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
o Menghitung pH larutan penyangga.
o Menghitung pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan poengenceran.
o Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh  mahluk hidup


II. Tujuan:
Siswa dapat,
1.     Dapat membedakan larutan penyangga dan bukan penyangga berdasarkan percobaan
2.    Menjelaskan komponen dan cara kerja larutan penyangga
3.    Dapat menghitung PH dan POH
4.    Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh mahkluk hidup.

III. Materi Ajar: 
1.   Sifat, komponen, cara kerja dan PH   larutan penyangga.
2.   Fuingsi larutan penyangga
IV.   Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Percobaan dan diskusi
  • Penugasan
V.        Alokasi Waktu
o   2 Jam Pelajaran



VI.     Skenario Pembelajaran
Pertemuan (2 jam pelajaran)
Materi ajar:

1.      Sifat, komponen, cara kerja dan PH   larutan penyangga.

Kegiatan awal (10 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa/membagi kelompok/ 4- 5 orang secara acak.
Kegiatan Inti/Langkah-langkah SPBM  (65 menit)

  • Merumuskan Masalah (20 menit)
Kepada tiap kelompok  siswa diberikan bahan-bahan dan alat kimia serta prosedur kerja yang akan dilakukan kemudian siswa melakukan percobaan berdasarkan prosedur kerja yang telah diberikan dan mencatat hasil yang diamati.
Dari hasil pengamatan siswa di harapkan dapat mendefinisikan larutan penyangga, sifat- sifat serta perubahan PH nya.
Prosedur kerja TERLAMPIR

  • Menganalisis Masalah (10 menit)
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan siswa menganalisis sebab-sebab terjadinya masalah. Dalam hal ini menganalisis perubahan PH larutan penyangga pada penambahan sedikit asam atau basa. 


  • Merumuskan Hipotesis (5 menit)
Siswa mendiskusikan masalah yang ada dan merumuskan hipotesis tentang masalah tersebut. Dalam hal ini misalnya
-          siswa menduga  terjadinya larutan penyangga karena terjadinya kesetimbangan setelah penambahan sedikit asam atau basa sehingga ion H+ dan OH- dapt di pertahankan.

  • Mengumpulkan Data (10 menit)
Siswa mencatat perubahan PH yang terjadi setelah penambahan sedikit asam atau basa data pengamatan  yang mendukung hipotesisnya.

  • Menguji Hipotesis (10 menit)
Siswa menelaah data dan membahasnya untuk melihat hubungannya dengan masalah yang di bahas . Dalam hal ini melakukan percobaan dan   kajian teoritis dari berbagai  buku teks yang mendukung.



  • Menentukan pilihan Penyelesaian/ Kesimpulan (10 menit)
Siswa membuat kesimpulan dari data hasil pengamatan hubungannya dengan  tinjauan teoritis. Dalam hal ini siswa menyimpulkan
a.       Pada larutan penyangga asam
Penambahan asam (H +) akan menggeser kesetimbangan ke kiri.
Jika yang di tambahkan adalah basa, maka ion OH- dari basa itu akan bereaksi dengan ion H+ membentuk air ini menyebabkan kesetimbangan bergeser ke kanan sehingga konsentrasi ion H+ dapat di pertahankan.
b.      Pada larutan penyangga basa
Jika ke dalam larutan di tambahakan suatu asam, maka ion H+ dari asam itu akan mengikat ion OH- menyebabkan kesetimbangan bergeser ke kanan.Sehingga konsentrasi ion OH- dapat di pertahankan. Dan sebaliknya.
Kegiatan Akhir  (15 menit)
o   Menyimpulkan pengaruh panambahan sedikit asam dan basa pada larutan penyangga.
o   Menugaskan siswa untuk mengerjakan tugas LKS  di rumah
Alat / Bahan / Sumber Belajar        
Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian

                     
                                                                                                                  
Lampiran


Prosedur Kerja
Larutan penyangga
Tujuan: Mempelajari sifat larutan penyangga dan bukan penyangga pada penambahan sedikit asam, basa atau pengenceran.
Cara kerja :
1.      Dengan menggunakan indicator universal, ukur PH larutan NaCl 0,1 M.
2.      Siapkan 3 gelas kimia 100 ml. Isi masing – masing dengan 10 ml larutan NaCl 0,1 M, kemudian:
                                                        i.            Ke dalam gelas kimia 1 di tambahkan 1 ml larutan HCl0,1M.
                                                      ii.            Kedalam gelas kimia 2 di tambahkam larutan NaOH 0,1 M.
                                                    iii.            Kedalam gelas kimia ke 3 tambahkan 10 ml akuades.Ukur PH larutan tersebut.
3.      Campurkan 25 ml larutan CH3COOH 0,1 m dan 25 ml larutan NaCH2COO 0,1 M dalam sebuah gelas kimia. Ukur PH larutan tersebut.
4.      Siapkan 3 gelas kimia yang bersih. Isi masing – masing gelas kimia dengan 10 ml larutan dari prosedur ( 3). Kemudian :
                                                        i.            Ke dalam gelas kimia 1 tambahkan 1 ml larutan HCl 0,1 M.
                                                      ii.            Ke dalam gelas kimia 2  tambahkan 1 ml larutan NaOH  0,1 M
                                                    iii.            Ke dalam gelas kimia 3 tambahkan  10 ml akuades.
Ukur PH ketiga larutan tersebut.
5.       Campurkan 25 ml larutan NH3 0,1 M dan 25 ml larutan NH4Cl 0,1 M dalam sebuah gelas kimia. Ukur PH larutan tersebut.
6.      Siapkan 3 gelas kimia yang bersuh . Isi masing – masing gelas kimia dengan 10 ml larutan dari prosudur (5). Kemudian:
                                               i.                     Ke dalam gelas kimia 1 tambahkan 1 ml larutan HCl 0,1 M.
                                             ii.                     Ke dalam gelas kimia 2  tambahkan 1 ml larutan NaOH  0,1 M
                                           iii.                     Ke dalam gelas kimia 3 tambahkan  10 ml akuades.
 Ukur PH ketiga larutan tersebut.
7.      Buatlah kesimpulan.

Analiisis Data/pertanyaan
1.      Diantara larutan yang di uji, manakah yang bersifat penyangga ( buffer).
2.      Simpulkanlah sifat – sifat larutan penyangga.







0 komentar:

Posting Komentar